Minggu, 13 Mei 2018

Manfaat Menjaga Pandangan Mata Saat Puasa

Manfaat Menjaga Pandangan Mata Saat Puasa, Informasi kali ini kami akan membahas tentang manfaat menjaga pandangan mata saat puasa, sebentar lagi kita akan melaksanakan ibadah puasa tentu kita tidak mau hangus begitu saja hanya karna kirta memandang yang tidak di bolehkan oleh agama kita.
Lalu bagiman cara mencega pandangan mata dan apa saja manfaat menjaga pandangan mata saat puasa ??

Sekilas Tentang Menjaga Pandangan Mata



Pernah mendengar istilah ‘mencuci mata ‘ bukan, bahkan sering sekali hal itu kita dengar dilontarkan oleh seseorang yang berniat bersantai dengan melihat – lihat apa saja. Dalam beberapa pengertian, mencuci mata seringkali dimaksudkan sebagai ‘ngeceng’ alias nongkrong sambil melihat  – lihat lawan jenis yang menarik hati. Bila yang dimaksud dengan mencuci mata adalah hal seperti ini, maka sudah tentu jatuhnya adalah melakukan hal berdosa dalam Islam.

Mengapa Harus Menundukkan Pandangan?
Ajaran Islam menyebutkan kita harus menundukkan pandangan karena melalui mata, kita bisa melihat segala hal. Mata menjadi perantara bagi kita untuk melihat dunia. Melalui mata, kita dapat mengetahui berbagai hal yang sebelumnya tidak kita ketahui. Tetapi melalui mata juga, kita bisa punya keinginan yang bisa menimbulkan akibat yang kurang baik. Allah SWT telah menyatakan dalam salah satu firmannya seperti berikut ini:

“Katakanlah kepada laki – laki yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya. Yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” ( Al Qur’an Surat An – Nur (24): 30)

Mengumbar pandangan mata bisa diartikan sebagai upaya mengumbar hasrat atau keinginan hati seseorang, sehingga mata juga bisa menjadi sarana untuk berbuat zina. Seperti tercantum dalam hadits berikut ini mengenai sabda Rasulullah yaitu:

“Mata itu berzina, hati juga berzina. Zina mata adalah dengan melihat (yang diharamkan), zina hati adalah dengan membayangkan (pemicu syahwat yang terlarang). Sementara kemaluan membenarkan atau mendustakan semua itu.” (HR. Ahmad)

Zina mata disebutkan pertama kali karena dari mata akan menjadi dasar semua perbuatan zina hati, kaki dan tangan serta kemaluan. Perbuatan zina akan dibuktikan dengan kemaluan jika benar – benar melakukannya atau tidak.

Bagimana cara Menjaga Pandangan mata
  1. Selalu Mengingat Allah
  2. Jauhi tempat yang bisa memancing fitnah
  3. Selalu berdoa kepada Allah
  4. Rajinlah berpuasa
  5. Menikah
Manfaat Menahan Pandangan
Menahan pandangan bisa menjamin pintu surga bagi umat muslim yang melakukannya, sebagaimana tercantum dalam hadits berikut ini:

“Jaminlah Aku dengan enam perkara, dan Aku akan menjamin kalian dengan surga: Jujurlah (jangan berdusta) jika kalian berbicara; tepatilah jika kalian berjanji; tunaikanlah jika kalian dipercaya (jangan berkhianat), peliharalah kemaluan kalian; tahanlah pandangan kalian; dan tahanlah kedua tangan kalian.”(HR Ahmad).
\
Kini sudah dekat waktunya untuk kita berpuasa maka dengan menjaga pandangan mata, tentu manfaat dan hikmah dari berpuasa di bulan yang suci ini kita akan dapatkan, selain itu ada beberapa keutamaan di dalam bulan ramadan ini  yaitu :
  1. Bulan diturunkannya Al-Qur’an
  2. Amal sholeh yang berlipat ganda
  3. Bulan penuh berkah
  4. Bulan pengampunan dosa dan dikabulkannya doa-doa
  5. Terdapat malam Lailatur Qadar
Setelah mengetahui 5 keutamaan bulan Ramadhan, pastinya kita jadi makin semangat untuk menjalankan ibadah dan terus berbuat kebaikan kepada sesama. Yuk, berlomba-lomba dalam kebaikan di bulan Ramadhan ini agar dunia yang kita tempati bisa lebih aman dan tentram.
Semoga bermanfaat dan selalu semangat untuk menjalankan ibadan di bulan ramadan ini Amin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar